52 tahun ORARI bangga melayani Indonesia

Suatu kebanggaan bagi anggota ORARI, bahwa selama 52 telah banyak berbuat dan berkarya untuk Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Kegiatan dan peran dalam perjalanan selama ini tentu juga terkait dengan perkembangan zaman dan teknologi, sehingga harus juga perlu penyesuaian pada peraturan yang diperbaharui oleh pemerintah selaku regulator dari hasil masukan ORARI.

Pada tahun awal berdiri ORARI, peran sebagai pemantau pemilu (Dukom Pemilu) sangat terasa, karena semua radio yang mempergunakan frekwensi selain milik pemerintah dan TNI/POLRI tidak diperkanankan untuk melakukan kegiatan memancar, ORARI satu-satunya yang diberikan ijin untuk mengudara mempergunakan frekwensi radio, dan melaporkan dari setiap tempat pemilu dilaksanakan,

Menyampaikan berita darurat antara lain dari tempat bencana, berita duka atau sakit, juga menjadi andalan dan harap masyarakat, karena sarana lainnya belum cukup memadai dan menjangkau daerah2 terpencil dan cukup cepat dan akurat, sehingga sangat membantu masyarakat pada umumnya.

Kegiatan2 Nasional juga banyak melibatkan ORARI, seperti kirab remaja dapat di pantau dan di ikuti perjalanannya oleh Presiden Indonesia.

Dukungan Komunikasi pada Gempa Aceh, juga memperlihatkan peran dan bakti ORARI membantu Pemerintah dan Masyarakat terdampak pada saat itu, sehingga akhirnya ORARI dapat membangun system komunikasi kebencanaan bekerjasama dengan LAPAN membuat Satelit LAPAN A2/LAPAN-ORARI IO-86 yang sampai saat ini terus siap melayani dalam kebencanaan.

ORARI sudah beberapa kali diminta dan dipercaya untuk menyelenggarakan kegiatan konferensi tingkat Internasional di Indonesia, sehingga sekaligus mempromosikan parawisata Indonesia, penyelenggaraan seperti di Jakrta, Bandung, Bali, dan Jogyakarta.

Perkembangan Organisasi juga terjadi sehingga saat ini ORARI sudah ada di 33 Provinsi, dan dalam persiapan Provinsi ke 34 yaitu Kalimantan Utara.

Pertumbuhan anggota juga terus bertambah, sehingga saat ini sudah sekita +/- 66.000 anggota seluruh Indonesia.

ORARI juga berhasil menempatkan terbanyak 6 (enam) anggotanya di kancah organisasi tingkat Internasional (Dunia) IARU dan sebagai Chairman IARU Reg.3 adalah Sdr. Wisnu Wijaya YB0AZ.

©2020 by orariaward

Tags: